Tanggal :  Jum’at, 21 April 2017
Tugas : Mengenal Gaya Belajar Ghaida.dan Syifa
Kegiatan: Bermain Lego dan Berbie
Hasil: Ghaida (Visual), Syifa ( visual)
Kegiatan hari jum’at baru dapat saya amati di malam hari.
Ghaida main barbie dan Syifa menyusun lego. Saya pancing mereka agar bisa mengungkapkan ide dalam permainan dengan mengatakan “anak- anak, umi punya usulan nich… bagaimana bila pesawat Syifa sudah jadi nanti barbie nya ikut menumpang, kan seruu tuch bermain bersama bisa saling berbagi" “ iya boleh mi…” tapi ternyata tidak dilakukan, mereka asyik bermain sendiri- sendiri. Ghaida membawa barbienya ke ruang sebelah, dan Syifa akhirnya turut bermain barbie dengan mengajak barbie belajar menulis.
Kesempatan bagus untuk mengenalkan bentuk kata. Syifa minta saya untuk menulisnkan kata dengan titik- titik lalu dia akan menyambungkannya. Saya menuliskan kata “aca"'dan ”abi" sesuai permintaannya. Syifa pun menyambut dengan senang dan mulai mengerjakan tugas. Tapi di luar dugaanku,sebelum dia menyambung garis, dia mencoba untuk meniru tulisan saya itu, sambil mulut mengucapkan kata walau tulisannya belum bisa dia contoh ( ngasal, semaunya saja). Benarkah ini termasuk gaya visual ? Sepertinya begitu….
Berikutnya Ghaida saat mendandani Barbie, dia berkata “ aha, cantik sempurna!” oowh ternyata barbie mengenakan topinya (yang beberapa waktu menghilang), saya mencoba merangsang ide kreatifnya dengan berkata “ Kak, coba pake ini topinya (menunjuk tutup botol minuman warna pink)”, tanggapannya “ayi coba dipakein..” tapi topi baru itu memerlukan karet agar bisa diam di kepala mi…” Ghaida lalu mencari karet dan berusaha memasangkannya walaupun akhirnya gagal…
Ghaida tidak biasa menemukan ide baru, dia masih sebatas memaksimalkan fasilitas yg tersedia. Gayanya adalah visual.

#Harike-2
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunsayIIP
#Level4