Challenge #4 day 1.
Tanggal : 20 April 2017
Kegiatan : Menyambut baju baru, bermain lego, membaca buku.
Anak : Ghaida (5y10m), Syifa (3y8m)
Kesimpulan: Ghaida Visual, Syifa Kinestetik

Masuk pada hari 1 mengobservasi kegiatan Ghaida, Syifa dan Hakim untuk mengumpulkan data modeling belajar mereka yang dominan.
Saya pada malam hari baru bisa mengamati, mendengar dan melihat dengan serius aktifitas mereka. Yaitu saat baju baru frozen datang dan langsung dipakai berlanjut aksi nyanyi- nyanyi, menari- nari dan foto- foto.
Saya mengamati Ghaida dan Syifa dalam berpenampilan bergaun Elsa.
  1. Apakah mereka menyadari bahwa bajunya terlalu besar?
  2. ingin dandan maksimal ?
  3. dan ingin melengkapi dengan aksesoris lainnya?
Jawabannya:
  1. Ghaida dan Syifa tidak mempedulikan kondisi baju yang kebesaran
  2. Mereka merasa sangat cantik tanpa berdandan ( padahal biasanya minta dandan dulu walau sekedar sisir rambut dan bedakan)
  3. Mereka langsung mencari aksesoris pelengkap, seperti Sepatu dan Kipas frozen.
Yang dapat saya simpulkan Ghaida dan Syifa kurang mencermati hal detail dan rapi. Gaya ini masuk pada modeling bukan Visual.
Saya manfaatkan moment kebahagiaan klimaks ini dengan meminta Ghaida memperagakan mendongengnya yang 2 hari lalu saya buatkan teksnya berupa mind maping. Alhamdulillah sudah 60% dia menguasai materi. Gaya menghafal ini masuk pada model Visual. Selain itu, karena dongeng itu sering dia lihat di video Kak Bimo (audio Visual).
Menjelang tidur, keduanya pada waktu dan tempat berbeda memandang langit- langit kamar sambil senyum- senyum sendiri, seperti sedang memikirkan dan mencari ide seputar baju barunya.
Nah, pada kasus ini mereka masuk pada gaya bukan Auditorial.

Usai masuk kamar pas baju ganti, aktifitas berikutnya adalah bermain lego. Ghaida berhasil membuat istana frozen lengkap dengan pintu gerbang dan kursi,meja,lemarinya dan Syifa membuat Kereta api lengkap dengan ruang tempat duduknya tapi bentuk mobil yang dibangunnya tidaklah lazim  Dalam hal ini terlihat Ghaida bergaya visual yaotu.menyukai hal yang detail. Sambil memainkan mainan mereka pun bermain peran namun kalimat yang mereka ucapkan sangat terbatas. Menandakan mereka tipe bukan Auditorial.
Adapun bentuk lego yang Ghaida pilih adalah benda yang biasa di lihat (visual). Sedang Syifa sebaliknya, dia banyak kreativitas jika membangun lego (kinestetik).
Menjelang tidur seperti biasa saya bacakan Ceritakan kisah nabi Muhammad, mereka mencari posisi tidur yang nyaman versi tidak rapi (bukan visual) dan untuk gaya baca Ghaida dan Syifa (baca bohong- bohongan) selalu dengan suara keras (auditorial).
Berdasarkan tiga kegiatan tersebut ( baju baru, main.lego dan baca buku), Ghaida dominan visual dan Syifa Kinestetik.
#TantanganHari1
#GayaBelajarAnak
#Level4
#KuliahBunsayIIP