Lagi belajar cara menumbuhkan benih yang benar sesuai fitrahnya.


Benih itu adalah anak- anakku


Sekarang Ghaida lagi senang berjualan gambarnya Total uang jualannya dgn yg lalu jualan jambu terkumpul 50rb-an.

Selamat berkarya anakku...
Abi, Umi ngikutin dari belakang apa maunya Kakak. Kami hanya bisa menyiram, memupuk, memfasilitasi sesuai perkembangan usiamu, dan kau bukan kertas kosong yang dengan seenaknya kami coret sesuka kami, tapi kau sudah Allah takdirkan dengan fitrah yang suci menjadi khalifah fil ardhi.
Berniat untuk membersamaimu secara alami/ fitrah.  Semoga kelak dapat memetik manisnya iman, indahnya bunga hafidz al-Qur'an dan daun yang rindang akhlak muliamu yang mampu teduhkan akhir zaman. Amin

Saat ini menghadapi tahun ajaran baru, saya mulai fokus pada rencana full home educationnya Ghaida (5y11m), semoga bisa tersusun rapi jadwal dan pelaksanaan nya sesuai FBE usia 0-7 (fitrah keimanan, fitrah belajar dan bernalar, fitrah bakat dan fitrah perkembangan). dan usia berikutnya.
Maka saya mencoba menjabarkan slogan keluarga kami "Keluargaku Hebat! (Happy & Enjoy Bersama Al-Qur'an Teman Setiaku) pada aktifitas sehari-hari kami.
Untuk saat ini sampai akhir Romadhon targetnya Ghaida tuntas hafal juz amma.
Maka saya maksimalkan 3 waktu bening, yaitu ba'da subuh, ba'da maghrib dan menjelang tidur dengan metode 5x dibacakan dengan penuh cinta. Dengan cara ke-1 saya yg baca, ke-2 bergantian ayat antara saya dan Ghaida, ke-3 baca bergantian per-ayat sebaliknya dari ke2. Ke-4 Saya baca/ baca bersama,  ke-5 baca bersama.
Sambil menyemangatinya akan keutamaan bertadarus al-Qur'an.

Bulan depan genap usia Ghaida 6 tahun. Sudah sounding dari sekarang,, nanti kakak belajar sholat 2 waktu.
Umur 7 tahun belajar konsisten sholat 3 waktu
Umur 8 tahun belajar konsisten sholat 4 waktu
Umur 9 tahun belajar konsisten sholat 5 waktu.

Ada rasa tersendiri bagi Ghaida saat sholat subuh dengan warna langit hitam, biru dan putih/ terang. (istilah ghaida sendiri, dilihat dr dalam rumah).
Maka saya harus mengasah komunikasi produktif agar Ghaida dapat menerap dalam hatinya  akan pentingnya dari Sholat bukan sekedar penggugur kewajiban.

Berniat untuk membersamai anak- anak secara alami/ fitrah.  Semoga kelak dapat memetik manisnya iman, indahnya bunga hafidz al-Qur'an dan daun yang rindang akhlak muliamu yang mampu teduhkan akhir zaman. Amin


Aliran rasa ini kubagi untuk 1minggu1cerita