Hari ke 2 , tanggal 24 Februari 2017 
Tantangan Melatih Kemandirian Anak

Hari ini saya sulit fokus belajar mandiri karena sibuk mencari celah dan cara untuk mengajak latihan persiapan lomba mewarnai Ghaida besok. Hari ini saya mencoba menerka kegiatan yang bisa dilakukan mandiri oleh Ghaida (5,8 th) dan Syifa (3, 6 th), sambil melihat list kegiatan mandiri yang ditempel ditembok kamar.
 Alhamdulillah Ghaida bisa masak martabak telor dibantu Syifa. Dari persiapan alat dan bahan, meracik masakan sampai memasak dan menyajiakn nasi di piring bisa dilakukan bersama antara ghaida dan Syifa. Sedangkan saya dan Hakim asyik bermain air pada waktu mencuci piring.
Adanya papan bintang cukup efektif untuk melibatkan anak- anak pada pekerjaan rumah dan melatih kemandirian mereka. Sore harinya saya berpamitan untuk pergi ke TPQ, dan Ghaida atas kemauannya sendiri ingin menambah bintang dengan membantu menyelesaikan menyapu dan mengepel.
Cukuplah hari ini membuat saya bahagia, karena semua pekerjaan biasanya saya bebankan pada diri saya sendiri dan hari ini Ghaida syifa bahka Hakim bisa membantu. Adapun dalam kemandirian belajar ghaida biasanya pada malam hari. Tapi untuk malam ini saya yang harus minta dia latihan mewarnai. Alhamdulillah komunikasi produktif yang terjadi adalah “ Umi harus latihan sekarang, karena besok Kakak mau lomba. Umi mau mewarnai yang bagus agar Kakak bisa mencontoh umi. Walhasil kami pun berlomba menyelesaikan warna sampai Ghaida tertidur dengan posisi duduk memegang krayon didepan kertas gambar. Beda ceritanya bila saya memintanya untuk mewarnai gambar pasti ada banyak iklan sponsor sampai ia mau mewarnai dan itupun jarang tuntasnya. 



Harike2
GameLavel2 
KuliahBunsayIIP 
MelatihKemandirian