Hari ke 2 , tanggal 24 Februari 2017
Tantangan Melatih Kemandirian Anak
Hari ini saya sulit fokus belajar
mandiri karena sibuk mencari celah dan cara untuk mengajak latihan persiapan
lomba mewarnai Ghaida besok. Hari ini saya mencoba menerka kegiatan yang bisa
dilakukan mandiri oleh Ghaida (5,8 th) dan Syifa (3, 6 th), sambil melihat list
kegiatan mandiri yang ditempel ditembok kamar.
Alhamdulillah Ghaida bisa masak martabak telor
dibantu Syifa. Dari persiapan alat dan bahan, meracik masakan sampai memasak
dan menyajiakn nasi di piring bisa dilakukan bersama antara ghaida dan Syifa.
Sedangkan saya dan Hakim asyik bermain air pada waktu mencuci piring.
Adanya papan bintang cukup efektif
untuk melibatkan anak- anak pada pekerjaan rumah dan melatih kemandirian
mereka. Sore harinya saya berpamitan untuk pergi ke TPQ, dan Ghaida atas
kemauannya sendiri ingin menambah bintang dengan membantu menyelesaikan menyapu
dan mengepel.
Cukuplah hari ini membuat saya
bahagia, karena semua pekerjaan biasanya saya bebankan pada diri saya sendiri
dan hari ini Ghaida syifa bahka Hakim bisa membantu. Adapun dalam kemandirian
belajar ghaida biasanya pada malam hari. Tapi untuk malam ini saya yang harus
minta dia latihan mewarnai. Alhamdulillah komunikasi produktif yang terjadi
adalah “ Umi harus latihan sekarang, karena besok Kakak mau lomba. Umi mau
mewarnai yang bagus agar Kakak bisa mencontoh umi. Walhasil kami pun berlomba
menyelesaikan warna sampai Ghaida tertidur dengan posisi duduk memegang krayon
didepan kertas gambar. Beda ceritanya bila saya memintanya untuk mewarnai
gambar pasti ada banyak iklan sponsor sampai ia mau mewarnai dan itupun jarang
tuntasnya.
Harike2
GameLavel2
KuliahBunsayIIP
MelatihKemandirian
0 komentar:
Posting Komentar