Bismillaahirrohmaanirrohiim...

Tiba di hari akhir deadline pengumpulan aliran rasa Kelas Bunda Sayang #melatihkemandirian
Aliran Rasa #melatihkemandirian
Menjalani tantangan kedua ini tentang Melatih Kemandirian Anak  membuatku termenung dalam.  Tugas ini sangat-sangat menantang.  Menegur keseriusanku membersamai anak-anak.  Ternyata masih sangat jauh dari ideal keadaan diriku menemani anak2. Dan setelah mencoba memberi tantangan latihan mandiri sambil mengkondisikan hati untuk melihat proses dan hasilnya. Ternyata latihan ini membuat hati haru berseri . Anak usia 5th dan 3th yang hanya kuandalkan untuk menjaga adik dan serius saa belajar ternyata mampu mengerjakan hal yang lebih,  seperti memasak martabak tahu,  ceplok telur,  menyiapkan makannya sendiri,  mencuci piring,  mencuci baju,  dan berlomba membereskan mainannya.
Hakim 1th pun setelah kuoercayai mampu makan sendiri ternyata betul dia mampu makan sendiri walau masih perlu dibantu.
Tantangan kemandirian ini pun membuatku mantap menyambut sekolah Dasar Ghaida di Rumah dengan materi utama yaitu melatih berbagai lini kemandirian (lihat materi dan cemilan tema Melatih Kemandirian).
Akhir kata Semoga Saya dan suami komitmen dan konsisten dalam mendampingi anak-anak, sampai pada saatnya di usia 15th mereka dapat menentukan keberlanjutan penjelajahan keilmuan mereka, Amin .

#AliranRasa
#GameLevel2
#KuliahBundaSayang
#IIP