Hari ke-7 Tantangan Melatih Kemandirian Anak, 01 Maret 2017.



Hari ke-7 kali ini menjadi hari ke-2 saya fokuskan pada latihan makan mandiri. Karena selama ini saya yang kurang menerapkan kemandirian makan, dan ambil mudahnya untuk menghemat waktu menyuapi Ghaida ( 5th), Syifa ( 3th) dan Hakim ( 1th) sekaligus. Dan diharapkan dengan pemilihan 1 Challenge ini saya jadi lebih seksama memperhatikan kebutuhan asupan gizi anak-anak dan kreatif membuat menu masakan dan cemilan.

Pagi Rabu Syifa dan Hakim tidak sarapan melainkan jajan di warung sayur ( karena baru bangun tidur hanya minum susu). Perjalanan dari rumah ke warung yang lumayan tidak dekat sambil menjadi ajang latihan berjalan Hakim jadi bolak balik warung cukup memakan waktu. Sesampai di rumah saya kelelahan dan lupa dengan sarapan, hanya cemilan alakadarnya saja.
Tiba waktu makan siang. Saya siapkan 3 piring untuk melatih kemandirian makan anak- anak. Dengan menu makan siang : Sayur asem, ikan, tempe. Alhamdulillah Hakim makannya banyak, Ghaida bersisa banyak dan Syifa tidak mau menyentuh makanan, karena Syifa masih ketergantungan dengan susu formula. Ada perasaan sedih melihat anak tidak mau makan, tapi bagaimanapun saya berusaha komitmen melatihnya mandiri makan. 


Malam harinya kami masih ada di rumah Kakek. Abinya anak- anak tak kunjung menjemput dan 2 sepupu Ghaida pun sedang keluar rumah. Saya asyik mengobrol dengan saudara dan anak- anak asyik memainkan mainan sepupu, walhasil kami tidak makan malam, hanya makan gorengan dan hakim makan buah- buahan.


#GameLevel2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#harike7