Hari ke 3, tanggal 25 Februari 2017.
Tantangan Melatih Kemandirian Anak

Seperti biasa  di pagi hari sabtu jadwal Ghaida adalah les mewarnai. Tantangan melatih kemandiriannya yang terselesaikan hanya memakai baju dan menyiapan perlengkapan mewarnai sendiri. 
Pulang les Ghaida langsung main ke rumah kakeknya hingga malam. Padahal jadwal hari itu adalah berkarya membuat peralatan perawatan rambut dari kardus.
Sepulang dari main saya katakan bahwa Kakak sudah melewati hari yang ditunggu-tunggu selama seminggu yaitu membuat peralatan perawatan rambut dari kardus. Konsekuensi kita harus menunggu sampai sabtu depan. Ghaida menangis bahkan menyalahkan Om nya yang menjemputnya sepulang les karena tidak mengantarkannya ke rumah.

Nah inilah moment yang tepat untuk mengajarkan kemandirian psikososialnya. Saya katakan “ Kakak tidak bisa menyalahkan Om. Kakak pasti tidak lupa dengan agenda kita ini, jadi lain kali kakak yang memutuskan untuk langsung pulang ke rumah atau mau mengajak teteh Nada main ke rumah Ghaida. Alhamdulillah diapun tenang. Ternyata cara melatih kemandirian psikososial adalah mengajaknya mengobrol dengan komunikasi yang produktif, semoga bisa konsisten. amin.



#GameLevel2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#harike3