Hari ke-8 Tantangan Melatih Kemandirian Anak, 02 Maret 2017.


Di hari ke-8 menjadi hari ketiga melatih anak makan sendiri. Salah satu pemikat makan untuk Syifa yang baru saya sadari adalah dengan mengajaknya memasak dan menyajikan makanannya sendiri, selain itu mengurangi porsi susu formulanya ke botol kecil. Kamis siang saya mengajak syifa masak bersama, dengan menu Tumis capcay baso tahu. Syifa semangat mengirisi baso dan memasukannya ke wajan diikuti Kakak Ghaida turut membantu. Alhamdulillah makan siangpun jadi lebih semangat dan Ghaida minta tambah nasi lagi. Tapi gagal dalam mengakhiri makan. Syifa makannya tidak habis dan Ghaidapun tidak mau menghabiskan sisanya. saya masih kesulitan berkomunikasi produktif dalam mengajak dan menggiring mereka untuk membereskan bekas makannya. 

Saya jadi bisa menilai sikap tegas diri saya pada anak- anak. Saya terlalu lembut dan tidak bisa mengomel jika anak enggan membereskan bekas makannya, padahal itu akan mengajarkan rasa bertanggung jawab anak dalam menuntaskan pekerjaan. 


#GameLevel2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#harike8