Hari ke-5 Tantangan Melatih Kemandirian Anak, 27 Februari 2017

Mengawali hari senin di akhir Februari kuperhatikan list kemandirian anak :
1.       Bisa mandi sendiri
2.       Menyiapkan kebutuhan sekolah sendiri ( Ghaida)
3.       Bisa pakai baju sendiri
4.       Bisa membuat susu sendiri
5.       Bisa makan sendiri (Ghaida, Syifa dan Hakim)
6.       Mencuci piring sendiri
7.       Mencuci baju sendiri
8.       Berhasil menjalankan tugas sebagai putri sampah ( Ghaida) dan putri Bantal (Syifa)
Pagi hari yang selalu menantang adalah saat mempersiapkan kebutuhan Ghaida ke sekolah. Sebagai ibu yang belum cekatan dan level sabarnya masih rendah maka saya terbiasa menyiapkan sendiri keperluan Ghaida. Dan hari ini pun begitu, sudah diberi tahu sekali dua kali akhirnya semua perlengkapannya saya siapkan dan masukkan dalam tas. Sepertinya tantangan ini mulai mundur peringkatnya. Walaupun begitu tidak boleh menyerah untuk terus mengingatkannya. Faktor yang berpengaruh besar adalah waktu bangun tidurnya. Bila Ghaida bisa bangun pagi- pagi pasti ia akan lebih menikmati pagi harinya. Tapi akhir- akhir ini ia sering tidur malam walhasil bangunpun kesiangan.
Siang hari sepulang sekolah, rutinitasnya adalah langsung fokus dengan mainan barunya yang dibeli di sekolah, tidak langsung menyimpan tas dan sepatu pada tempatnya. “ ngng… kakak, tas dan sepatunya disimpan dulu yaa, yuk tambahin bintangnya biar banyak, masih dengan berat hati akhirnya Ghaida mau melakukannya.
Waktu makan siang pun tiba. Saya siapkan 3 piring  untuk anak 5th, 3 th dan 1th, pemandangan yang indah sejak ada tugas melatih kemandirian bunsay ini mulai rutin diterapkan.
Masih mencari kata- kata yang yang tepat untuk membujuk Syifa agar mau menghabiskan makanannya.
Selanjutnya adalah jadwal main air menjelang sekolah TPQ, Ghaida pun mau mencuci baju sendiri tapi tidak tuntas dan akhirnya saya cuci ulang. Padahal udah coba bersembunyi agar tidak ketahuan kalo uminya nyuci ulang, eeeh ketahuan juga “ Umiii itu kan udah dicuci sama Kakak, kok dicuci lagi…?” saya jawab dengan kikuk “ nggak kok kak, ini mau dijemur, kan tadi belum dibilas sama Kakak”.

Berlanjut kegitan berikutnya adalah membantu umi mencuci piring. Tak lupa sebelum kegiatan itu semua mainannya pun dirapihkan terlebih dahulu. Alhamdulillah hari Senin yang indah.


#GameLevel2
#KuliahBunsayIIP
#MelatihKemandirian
#harike5